DATA PRIBADI
Nama : Bimandra Adiputra Djaafara
Tempat /Tanggal Lahir : Jakarta / 9-2-1990
Agama : Islam
Jenis Kelamin : Laki-laki
NRP : G14080025
Departemen : Statistika
Angkatan : 45 (2008)
Alamat Rumah : Jln. Cendrawasih II/K3 Halim P. Jakarta Timur
No. Telpon Rumah : (021) 8097433
No. HP : 085691046835
Alamat E-mail : bimandra_djaafara@yahoo.com

PENDIDIKAN :
SDS Angkasa X Halim P. 1996-2002
SMP Labschool Rawamangun 2002-2005
SMA Negeri 8 Jakarta 2005-2008
Departemen Statistika Institut Pertanian Bogor 2008-Sekarang

PRESTASI
Lulusan terbaik pertama angkatan XI SMP Labschool Rawamangun 2005
Nilai UAN SMP tertinggi ketiga se-DKI Jakarta 2005
Siswa berprestasi SMA Negeri 8 Jakarta angkatan 2008
Siswa berprestasi Tingkat Persiapan Bersama Institut Pertanian Bogor 2009
Asisten Praktikum Metode Statistika Departemen Statistika 2010
Asisten Praktikum Metode Statistika Departemen Proteksi Tanaman 2010

PENGALAMAN ORGANISASI
Perwakilan Kelas SMA Negeri 8 Jakarta Anggota Komisi III 2005-2006
Sub Seksi Kesenian SMA Negeri 8 Jakarta Anggota Divisi Band 2005-2008
Perwakilan Kelas SMA Negeri 8 Jakarta Ketua 2006-2007
UKM Music Agriculture X-pression Institut Pertanian Bogor Vice Manager Divisi Musik 2009
UKM Music Agriculture X-pression Institut Pertanian Bogor Manager Divisi Musik 2010-sekarang
Himpunan Keprofesian Gamma Sigma Beta Institut Pertanian Bogor Anggota Divisi Database and Computing 2010-sekarang

PENGALAMAN KEPANITIAAN
ROMANCE sub seksi Kesenian SMA Negeri 8 Jakarta Anggota Divisi Perlengkapan 2007
ALFAMAX!! UKM MAX!! IPB Anggota Divisi Logstran 2008
Ulang Tahun UKM MAX!! IPB Ketua 2008
ETNIX!! UKM MAX!! IPB Anggota Divisi Acara 2009
Lomba Jajak Pendapat Statistika Himpunan Keprofesian GSB IPB Anggota Divisi Logstran 2009
Konser Jazz Mike del Ferro Trio Liaison Officer 2009
Konser Jazz Aurelia Saxophone Quartet Liaison Officer 2010
SPIRIT BEM FMIPA IPB Anggota Divisi Logstran 2010
The 6th Statistika Ria Himpunan Keprofesian GSB IPB Ketua Divisi Khusus 2010
Lomba Jajak Pendapat Statistika Himpunan Keprofesian GSB IPB Anggota Divisi Khusus 2010

PENGALAMAN LAIN
Surveyor lembaga survey AGB Nielsen Mei-Juni 2010
Anggota Lembaga Olah Data dan Bimbingan Belajar Statistics Centre 2010-sekarang

MAX!! di Mata Saya

Pertama kali masuk ke IPB organisasi yang langsung membuat saya tertarik untuk bergabung adalah UKM MAX!!. Banyak kesan dan pengalaman yang saya dapatkan setelah kurang lebih 2 tahun berada di organisasi ini. Di mata saya MAX!! adalah suatu UKM yang unik. Di MAX!! saya menemukan apa yang saya cari dari sejak awal masuk IPB: keluarga. Ya, sebuah keluarga. Sekumpulan orang-orang yang mengerti saya, nyambung dengan saya, memiliki suatu hobi yang sama dan senior-senior pembimbing yang sangat luar biasa. Saya sebenarnya tidak ingin membandingkan MAX!! dengan organisasi lain yang saya ikuti di kampus. Tetapi memang secara nyata saya rasakan bahwa di MAX!! saya tidak hanya menemukan suatu pengalaman berharga di bidang organisasi dan musik tentunya, saya juga mendapatkan sebuah keluarga baru yang saya cari-cari selama ini. Bagi saya, MAX!! is more than just an organization, it’s a family.

Secara umum anggota-anggota baru yang masuk MAX!! adalah individu-individu yang memiliki kemampuan dalam hal bermusik dan berorganisasi yang baik. Saya banyak melihat bahwa anggota-anggota yang tidak aktif di MAX!! akhirnya aktif dan menjadi figur penting di himpro, BEM maupun lembaga kemahasiswaan lain. Hal tersebut membuktikan bahwa MAX!! sudah mempunyai input anggota yang bagus sehingga permasalahan paling penting yang dihadapi adalah bukan bagaimana cara meningkatkan kualitas dari anggota tersebut, melainkan bagaimana cara memaintain anggota-anggota MAX!! selama masa kepengurusan.

Memang harus diakui bahwa rasa memiliki MAX!! di dalam diri tiap anggota memiliki level yang berbeda-beda. Ada yang seperti saya menemukan sebuah keluarga di sini, ada yang mungkin cukup nyaman tapi juga menemukan tempat lain yang menurutnya lebih nyaman, atau malah ada yang sama sekali merasa tidak nyaman berada di sini. Hal ini sangatlah wajar dalam sebuah organisasi. Apalagi untuk sebuah organisasi yang beranggotakan sangat besar seperti MAX!! (rata-rata menerima 100 anggota baru tiap tahunnya). Selama ini masalah utama dari MAX!! adalah minimnya sumber daya yang bisa diandalkan dalam menjalankan organisasi ini selama setahun penuh. Anggota-anggota yang aktif silih berganti begitu saja dan hanya menyisakan sekitar 5-10 orang yang benar-benar konsisten dari awal sampai akhir. Untuk sebuah organisasi sebesar MAX!! menurut saya itu adalah sebuah masalah yang besar. Karena seperti kita ketahui, untuk membuat suatu acara musik yang besar dan tentunya berkualitas, sangat dibutuhkan SDM-SDM yang jumlahnya tidak sedikit dan professional.

Solusi dari masalah ini menurut saya adalah dengan cara meningkatkan rasa memiliki dari setiap anggota MAX!! itu sendiri dan menanamkan rasa cinta terhadap MAX!! ke dalam diri tiap-tiap anggota MAX!!. Yang dirasa sangat kurang di MAX!! adalah kumpul-kumpul bersifat santai yang inti di dalamnya adalah mempererat rasa persaudaraan di antara anggotanya sendiri. Selama ini kumpul-kumpul di MAX!! selalu berisi pembahasan program kerja dan permasalahan-permasalahan yang serius. Tidak heran jika ada orang-orang yang merasa bosan bekerja di bawah tekanan yang ada secara terus menerus yang akhirnya merasa jenuh dan menghilang dari MAX!!. Dibutuhkan adanya sebuah forum rutin yang mengumpulkan semua anggota tapi dengan tujuan untuk mempererat rasa persaudaraan itu tadi. Misalkan sebuah kumpul untuk menonton film bareng, belajar musik bareng atau mungkin untuk sekedar curhat. Hal ini menjadi hal yang sangat penting bagi MAX!! di periode berikutnya untuk mencegah menghilangnya anggota-anggota MAX!!.

Evaluasi lain di dalam organisasi MAX!! itu sendiri menurut saya adalah fungsi dari dewan penasihat. Dewan penasihat menurut saya memiliki peran yang sangat penting di dalam MAX!! karena mereka adalah sekumpulan orang-orang yang sudah punya pengalaman lebih banyak di MAX!! dan bisa menyumbangkannya pada kepengurusan yang baru terutama dalam pemecahan masalah-masalah yang akan dihadapi selama masa kepengurusan. Selama ini peran dewan penasihat dirasa sangat kurang dan harus lebih ditingkatkan di periode kepengurusan berikutnya. Dewan penasihat harus bisa menjadi pembimbing-pembimbing di saat adik-adik pengurus nanti mengalami masalah dan hambatan selama masa kepengurusan dan terus mengontrol perkembangan MAX!! selama masa kepengurusan.

Visi saya adalah menjadikan MAX!! sebagai organisasi utama dalam pengembangan kegiatan musik di IPB. Maksud dari visi saya adalah MAX!! sebagai organisasi yang menyatukan seluruh mahasiswa yang menyukai musik di IPB dan menyalurkannya dengan cara membuat kegiatan-kegiatan bertemakan musik. MAX!! juga harus menjadi partner utama dari organisasi-organisasi tau komunitas-komunitas lain yang mau menyelenggarakan kegiatan musik dan memberikan bantuan-bantuan semaksimal mungkin agar seluruh kegiatan musik yang dilaksanakan dapat berjalan dengan baik. MAX!! Asoooy!.


Comments

Name (required)

Email (required)

Website

Speak your mind