Sekarang gw mau sedikit share tentang chord. Ya mungkin banyak yang udah tau chord itu apa, tapi gak ada salahnya juga gw share lagi di sini siapa tau ada yang belom ngerti ūüėÄ

Chord  itu biasa kita sebut kunci ya kalau kita main gitar atau alat musik lain. Yang kita sering temui biasanya mah C, Dm, Em, F, G, Am, B dll. Tapi apa sih definisi chord sebenernya? Chord itu penggabungan 3 nada atau lebih dalam sebuah tangga nada untuk membentuk suatu harmoni. Nah pasti udah banyak yg tau bentuk kunci C tuh gimana sih, D itu gimana beberapa contoh bentuk chord pada gitar kaya gini nih:

Nah itu bentuk -bentuk chord pada gitar, tapi apa kita mau ngapalin semua bentuk chordnya? Gila aja, mending gw disuruh ngapalin asmaul husna deh hahaha jauh lebih dikit daripada disuruh ngapalin bentuk chord. Bisa ribuan bentuk chord yang ada yang harus dihapalin. Jadi caranya gimana? Nah sekarang yang mau gw share itu adalah formula untuk ngebentuk chord, jadi kita ngga perlu ngapalin bentuk chordnya, tapi cukup apalin formulanya buat chord tersebut.

Apa tuh formulanya? Nanti dulu, sebelum gw bahas formulanya gw bakal bahas dulu tentang tangga nada. Buat yang nganggap tangga nada ngga penting udah jangan main musik deh,  kacau nanti dunia musik hehe (canda). Tapi serius deh tangga nada  itu penting banget loh.

Kita harus tau tangga nada major buat bisa ngebentuk chord. Udah pada tau kan tangga nada kaya gimana? do re mi fa sol la si do biasanya kita sebut begitu. Rumus interval major itu 1 – 1 – 1/2 – 1 – 1 – 1 – 1/2. Contoh:

C : tangga nada nya C –¬† D¬† –¬† E¬† –¬† F – G – A – B – C
D : dengan interval yg sama tangga nadanya : D – E – F# – G – A – B – C# – D
Kita harus hapal atau minimal tau deh tangga nada dari tiap not.

Oke kita sekarang bahas formula nya yang tadi gw omongin buat bikin chord. Tadi defiinisi chord tuh gabungan dari 3 nada atau lebih kan? Jadi chord itu sebenernya hanya dbentuk oleh beberapa not dari chord yg kita mau cari
buat kunci major rumusnya begini :
misalkan kita mau bikin chord C ( dari yg paling gampang kan) rumusnya itu cuma 1 Р3 Р5
tangga nada cari C kan C РD РE РF РG РA РB РC  nah yang kita ambil buat bikin chord C itu cuma nada 1 Р3 Р5. Dari tangga nada C: 1=C,3=E,5=G. Jadi chord C itu hanya dbentuk oleh nada C, E dan G. Kalo ada nada lain udah bisa dipastiin itu bukan C. Ga percaya? Nih gw kasih gambar biar lebih jelas:

Bentuk chord C sama kaya gambar di atas nah coba perhatiin angkanya, chord C kan? Kalo mau bentuk chord D misalkan, ya tinggal cari nada 1, 3 dan 5 dari tangga nada D aja. Yap, chord D cuma dbentuk oleh nada D, F# dan A. Ga percaya? Boleh dicari sendiri di gitar masing-masing deh itu not yg dipencet di chord D tuh nada apa aja :)

Major Triad : 1 – 3 – 5

Sekarang kita beralih ke kunci minor. Hampir sama kaya yang major, cuma rumusnya agak beda sedikit nih. Rumus buat bentuk chord minor itu (¬†1 – 3b –¬† 5). Tapi inget ya, ini tetap diambil dari tangga nada major jangan ambil dari tangga nada minornya. Contoh :

Cm itu dibentuk oleh: C – Eb – G
Am : A – C – E
Dm : D – F – A
biar lebih jelas nya coba diliat tangga nada major dari A dan D itu apa,coba diliat nada 1, 3b sama 5 nya apa.

Minor Triad : 1 – 3b – 5

Gw rasa kali ini cukup dulu deh gw share tentang chord. Sebenernya masih banyak sih bahasan tentang chord, tentang familynya chord dll. Kita baru bahas chord major sama minornya aja nih. Masih ada chord dominant, diminished, augmented dan dari tiap chordnya jg msh ada ekstension chord kaya C7, C9, C11, C13 dll. Nanti kita bahas yang lain-lain itu di lain kesempatan ya hehe.

Thank you, bukan maksud buat ngajarin. Cuma mau share sedikit aja yang gw tau, soalnya gw yakin banget pasti udah banyak banget orang yang tau apa yang gw bahas :)

Wassalam, cheers!


Comments

Name (required)

Email (required)

Website

Speak your mind